Diskusi 4 - Pengantar Bisnis

Hal-hal apa saja yang perlu disiapkan atau diperhatikan dalam menyusun Business Plan?

JAWAB

Dalam hal penyusunan Business Plan sudah banyak kajian dan contoh yang dapat diperoleh.  Salah satu format dan contoh kasusnya terlampir dalam format 'word document'.  Memang mempunyai sebuah dokumen Business Plan adalah sesuatu yang baik, dalam pengertian si pengusaha sudah memikirkan semua aspek secara matang dan dokumen tersebut dapat dijadikan penuntun atau referensi.  Tentu diharapkan selama menyusun dokumen Business Plan tersebut keberanian si pengusaha menemukan momentumnya, mulai dari awal, kemudian terbangun hingga benar-benar berani merealisasikannya dan terjun langsung.  Karena faktor keberanian inilah yang akan menentukan apakah dokumen Business Plan tersebut akan hanya tinggal sebagai teori saja atau menjadi kenyataan yang akan menjanjikansegudang potensi keuntungan, meskipun tentu saja ada segudang permasalahan yang harus dihadapi terlebih dahulu. Seperti moto sebuah produk iconic "JUST DO IT"

Berikut adalah salah satu contoh bagian awal format Business Plan.  Secara lengkap dan disertai contoh kasus, kami lampirkan dalam format Word Document :

FORMAT BUSINESS PLAN
(FORMAT RENCANA USAHA)

 FORMAT PROPOSAL TERTULIS

1.    COVER DEPAN

1.1    Gambar dan Design menarik
    Gambar dan design cover depan proposal harus dapat mewakilkan jenis dan karakter dari usaha yang tercerminkan dari design dan warna yang sesuai.
1.2    Logo / Lambang Usaha
    Digunakan untuk mempermudah dan membedakan usaha kita di mata konsumen dalam mengingatkan usaha kita dibandingkan dengan pesaing dan nama usaha yang sama.
1.3    Informatif ( nama, alamat, contact no )
    Berisi  informasi nama usaha, domisili / alamat tempat usaha serta nomor telepon yang dapat dihubungi apabila calon investor ataupun konsumen ingin menghubungi.

2.    PENDAHULUAN

2.1    Sejarah  Berdirinya Usaha
    Sejarah berdirinya usaha menggambarkan  kepada calon investor dasar atau landasan usaha ini berdiri apakah cukup kuat secara pengalaman dan keutuhan individu yang terlibat didalamnya.    
2.2    Visi & Misi Usaha
    Visi merupakan cita-cita yang ingin dicapai usaha dalam jangka panjang  (What to Be? )
    Misi merupakan cara-cara yang digunakan usaha dalam mencapai visi usaha (How to Be ?). Misi dapat berupa pernyataan kalimat atau kata yang mengingatkan pelaku usaha untuk bekerja sesuai Misi dalam mencapai Visi.

3.    ASPEK PEMASARAN

3.1    Gambaran Umum Pasar ( STP )
    Segmen Pasar merupakan gambaran umum dari konsumen usaha kita
    Target Pasar merupakan sasaran khusus bagi konsumen potensial dari usaha kita.
    Positioning adalah bagaimana kita menempatkan usaha kita diantara pesaing usaha yang sejenis.
3.2.    Permintaan
•    Perkiraan / prediksi jumlah permintaan konsumen terhadap produk.
•    Proyeksikan permintaan konsumen dalam beberapa periode / tahun mendatang seperti kenaikan x % per tahun sesuai kenaikan jumlah penduduk

Comments

Popular Posts