Tinjauan Bisnis Ayam Broiler

Untuk menjalankan bisnis/bidang usaha Ayam Broiler, memerlukan perencanaan yang matang dan tingkat kehati-hatian yang tinggi.  Bisnis ini kelihatannya tidak terlalu sukar.  Namun jangan meremehkan dan bersikap menggampangkan.  Bisnis ini mempunyai spektrum yang luas, karena saya menyebutnya sebagai 'Bisnis Ayam Broiler' bukan thok sebagai bisnis pemeliharaan ayam broiler.  Kalau hanya untuk sekedar memelihara, memang tidak terlalu sukar.  Banyak literatur dan buku yang mengulas mengenai tata cara budidaya ayam broiler.

Salah satu tantangan di bisnis ini adalah masalah harga jual ayam panen (Live Bird) di kandang yang sangat fluktuatif.  Harga ayam panen sebenarnya relatif lebih terang benderang di bandingkan, misalnya harga lele.  Tetapi yang menentukan harga adalah para pemain industri besar yang sering disebut integrator.  Disebut integrator karena mereka memiliki bisnis dari hulu ke hilir yang saling terkait.  jadi peternak mandiri tidak akan bisa melawan harga yang yang di publish pada tiap saat, yang dikenal sebagai harga Posko.

Sudah banyak peternak mandiri yang terkapar 'dihajar' oleh harga yang anjlok tidak kira-kira.  Akan tetapi jangan pesimis dulu dengan kondisi ini.  Tadi saya sebutkan bahwa bisnis ayam broiler ini spektrumnya sangat luas, karena bisnis ini adalah menyangkut dengan kebutuhan vital sehari-hari yaitu makanan dan sumber protein murah.  Jadi meskipun di bidang budidaya nya banyak yang 'kalah', akan tetapi masih ada peluang untuk merambah ke rantai yang lain.  Seperti pemotongan, ayam frozen, pakan, sapronak, pegolahan sosis dan teman-temannya, gerai ayam geprek, dll.

Jadi tetap optimis dan berikhtiar untuk secara tekun mendalami bisnis ayam broiler ini.



Comments

Popular Posts